Peningkatan Kesehatan dan Kreativitas Siswa

Main Article Content

Najwa Aisyah Fidhirza
Enggita Permatasari
Alfia Putri
Kharisma Rizkiana
Aris Slamet Widodo
Mustafa

Abstract

Kondisi cuaca ekstrem di Makkah, potensi terjadinya keadaan darurat di sekolah serta kebiasaan gaya hidup tidak sehat mendorong perlunya peningkatan kesadaran siswa  mengenai kesehatan, termasuk pencegahan heatstroke, P3K, dan cek kesehatan. Selain itu, adanya kesenjangan dalam penguasaan keterampilan non-akademik, seperti public speaking, penulisan esai, dan kreativitas praktis, maka mahasiswa KKN UMY akan memberikan suatu program pengembangan kreativitas bagi siswa Sekolah Indonesia Makkah. Tujuan : Program KKN ini diharapkan dapat memberikan perubahan yang signifikan dalam bidang kesehatan dan kreativitas siswa yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa mengenai hidup sehat. Siswa juga diharapkan dapat menemukan minat dan bakat mereka, serta memiliki keterampilan yang akan berguna bagi masa depan mereka. Metode : Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program KKN meliputi metode penyuluhan materi, partisipasif melalui tanya jawab, simulasi atau praktik langsung oleh peserta, pelayanan kesehatan, konsultasi, sosialisasi, visualisasi kreatif, dan demonstrasi. Hasil : Program KKN ini memberikan peningkatan kesadaran siswa dan guru tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Melalui kegiatan pengembangan kreativitas, siswa menemukan minat dan bakat mereka, serta memperoleh keterampilan yang akan berguna bagi masa depan. Kesimpulan : Program KKN ini memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup siswa di Sekolah Indonesia Makkah, baik dari segi kesehatan maupun kreativitas.

Article Details

Section
Articles