Hubungan Bauran Pemasaran RSU Aro Pekalongan Terhadap Tingkat Kunjungan Pasien Umum Rawat Jalan Tahun 2020
Main Article Content
Abstract
Konsep pemasaran yang dikenal luas dan dikembangkan adalah bauran pemasaran (marketing mix 4P). Bauran pemasaran jasa terdiri dari product, promotion, place dan price. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah 6.255 dengan sampel penelitian sebanyak 99 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Digunakan analisis univariat dan bivariat yaitu correlation rank spearman. Didapatkan hasil penelitian; (1) bauran pemasaran price lebih dari sebagian persepsi baik yaitu 67.7% nilai Rho=0.773 menunjukkan hubungan kuat; (2) bauran pemasaran product lebih dari sebagian persepsi baik yaitu 71.7% nilai Rho=0.860 menunjukkan hubungan sangat kuat; (3) bauran pemasaran promotion lebih dari sebagian persepsi kurang baik yaitu 70.7% nilai Rho=0.761 menunjukkan hubungan kuat; (4) bauran pemasaran place lebih dari sebagian persepsi baik yaitu 74.7% nilai Rho=0.813 menunjukkan hubungan sangat kuat. Pada tingkat kunjungan pasien lebih dari sebagian peserpsi kurang baik yaitu 65.7%. Terdapat hasil yang menunjukkan persepsi kurang baik yaitu pada promotion dan tingkat kunjungan pasien. Sehingga diharapkan RSU Aro Pekalongan lebih memperhatikan dan menerapkan dengan baik marketing mix 7P agar tingkat kunjungan pasien dapat meningkat.
Kata kunci : Bauran Pemasaran, tingkat kunjungan pasien