PEMBERDAYAAN UMKM DI DESA KUTAWARINGIN DALAM UPAYA PERLUASAN TARGET PASAR

Main Article Content

Rizkyna Jihan Alqirana
Nida Fauziyah
Vina Yuliasih
Pernanda Bhatara
Fara Berliana
Silvia Rismayanti
Melisa Pujiandini
Ena Vadila
Fahtur Rahman
Muhammad Rizki
Dr. Ir. Latifah, M. T

Abstract

Pemberdayaan UMKM memegang peran penting dalam menggerakkan perekonomian suatu negara, terutama di tingkat lokal seperti di Desa. Perkembangan ekonomi dan daya saing UMKM menjadi krusial dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Salah satu strategi vital dalam meningkatkan daya saing UMKM adalah melalui perluasan target pasar. Berdasarkan hasil observasi dan survei lapangan pemasaran produk UMKM Desa Kutawaringin hanya secara konvensional yakni berkeliling desa ataupun menerima pesanan dari pihak tertentu. Tujuan dari program pengabdian ini yaitu untuk menganalisis strategi dan upaya yang dapat diterapkan dalam pemberdayaan UMKM Desa Kutawaringin guna mengatasi kendala akses dan memperluas jangkauan pasar mereka. Oleh karena itu kami melakukan pemberdayaan UMKM dalam Upaya memperluas target pasar yang ada dengan bekerja sama dengan wisata Curug Cipeer (BUMDES) Kutawaringin, dalam kerja sama ini kami mencoba memasukan produk–produk UMKM yang ada di Desa Kutawaringin diantaranya adalah peyeum singkong (tape), keripik talas, Sale pisang, dan sempol ayam. UMKM ini berlaku sebagai suplier yang menyiapkan produk dan pihak Curug Cipeer yang akan mengolah produk tersebut dengan inovasi yang mereka miliki. Dengan kegiatan yang kami lakukan ini kami berharap dapat membantu UMKM di Desa Kutawaringin untuk terus berkembang dan meningkatkan pendapatan mereka.

Article Details

Section
Articles