PENDAMPINGAN DAN PENINGKATAN KUALITAS KESEHATAN JAMAAH SAKIT PASCA OPERASIONAL HAJI

Main Article Content

Najmi Hafizhah Ananta Nur
Fadia Sherli Asyifa
Pravda Bintang Bari
Siti Mariz Fauziyah
Sachi Noza Gibery
Muhammad Ariq Daffa Pratama
Auzi'na Kamaal Fata
Gustiningsih Triayu Mustika Ratih
Nasrullah Jasam
Zakaria Anshori
Aris Slamet Widodo

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Kegiatan KKN pada skema Internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di Arab Saudi tepatnya di Kantor teknis Urusan Haji pada tahun 2024 bertujuan untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat, khususnya dalam menangani kesehatan jamaah haji. Program ini merupakan pelaksanaan kedua di Kantor Teknis PHU Jeddah dan melibatkan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran. Dengan meningkatnya jumlah jamaah haji Indonesia menjadi 241.000, tantangan kesehatan menjadi fokus utama, terutama bagi 46 jamaah yang masih dirawat di rumah sakit di tiga kota di Arab Saudi. Pada kegiatan yang diselenggarakan, tim KKN berperan dalam pendampingan pasien, komunikasi antara pasien dan tenaga medis, administrasi dalam pemulangan pasien, dan proses pemakaman pada jamaah yang meninggal. Melalui program ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi jamaah haji dan meringankan beban operasional kantor teknis urusan haji dan umrah.


Kata kunci : Kuliah kerja nyata, Kantor teknis urusan haji, Pendampingan pasien, Peningkatan pelayanan kesehatan

Article Details

Section
Articles