HUBUNGAN KEPUASAN DENGAN KEPATUHAN TERAPI PADA PASIEN HIPERTENSI RAWAT JALAN DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA THE CORELATION BETWEEN SATISFACTION AND THERAPEUTIC COMPLIANCE IN OUTPATIENT HYPERTENSION PATIENTS AT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Main Article Content
Abstract
Prevalensi kasus hipertensi terus meningkat, berkaitan dengan rendahnya tingkat kepatuhan
pasien dalam mengkonsumsi obat antihipertensi. Upaya meningkatkan kepatuhan pasien dalam
penggunaan obat diperlukan kualitas pelayanan yang baik, sehingga dapat meningkatkan
kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan mengetahui
hubungan kepuasaan pasien dengan kepatuhan terapi pada pasien hipertensi rawat jalan di RS
PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan observasional analitik
dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Lemeshow.
Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive
sampling. Subjek yang digunakan adalah pasien hipertensi yang memenuhi kriteria inklusi dan
eksklusi. Data yang dikumpulkan berupa kepuasan pasien dengan menggunakan kuesioner
PSQ-18 dan kuesioner MARS-5 untuk melihat tingkat kepatuhan terapi pasien. Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan, dari 96
responden, 95,8% merasa puas dan 4,2% merasa tidak puas, serta 89,6% pasien patuh dan
10,4% tidak patuh dengan pengobatannya. Analisis Chi Square menunjukkan adanya hubungan
yang signifikan antara kepuasan pasien terhadap kepatuhan terapi pasien hipertensi dengan nilai
p = 0,003 (p<0,05), dengan nilai korelasi (rho) = 0,330, dan diperoleh nilai Relative Risk sebesar
3,696. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara
kepuasan pelayanan terhadap kepatuhan terapi pada pasien hipertensi rawat jalan di RS PKU
Muhammadiyah Yogyakarta.
Kata kunci: Hipertensi,Kepuasan Pasien, Kepatuhan Terapi , MARS-5, PSQ-18